Khasiat Pisang Kepok Mentah untuk mengobati Maag

Khasiat pisang kepok mentah banyak digunakan untuk pengobatan penyakit maag karena kandungan nutrisi pada pisang jenis ini banyak yang bermanfaat untuk mengontrol dan menekan kadar asam lambung berlebih.

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling mudah di temui di hampir semua daerah di Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, juga banyak sekali kandungan dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Buah ini dapat dengan mudah tumbuh di daerah Asia terutama Asia tenggara seperti Indonesia.

Sebenarnya buah pisang memiliki banyak jenisnya, antara lain pisang ambon, pisang raja, pisang lampung dan lain-lain. Namun diantara banyak jenis pisang, jenis pisang kepok yang menurut beberapa penelitian ilmiah menyebutkan bahwa beberapa kandungan nutrisi pada buah pisang ini dapat mengontrol kadar asam lambung berlebih yang dapat mengakibatkan penyakit maag.

khasiat pisang kepok mentah

Banyak olahan buah pisang yang hampir semua bagian dari pohonnya dapat dimanfaatkan, seperti jantung pisang, daun pisang dan buah pisang itu sendiri. Namun mungkin banyak diantara kita tidak menyadari manfaat dan khasiat dari buah pisang ini, khususnya adalah khasiat pisang kepok mentah yang kegunaannya untuk mencegah dan mengobati maag.

Jenis pisang kepok yang bagus untuk asam lambung

Pisang kepok sendiri memiliki dua jenis pisang yang umum beredar di masyarakat. Yaitu pisang kepok kuning dan putih. Kedua jenis pisang kepok ini dinamai berdasarkan warna kulit dari pisang tersebut. Kedua jenis pisang ini memiliki rasa yang relatif berbeda. Pada umumnya pisang kepok putih memiliki rasa yang cenderung agak asam dan berbentuk lebih kecil dibandingkan dengan pisang kepok kuning. Sedangkan pisang kepok kuning memiliki rasa yang cendeung lebih manis dan lebih enak.

Meskipun kedua jenis pisang ini memiliki tekstur dan rasa yang berbeda, namun khasiat dan manfaatnya adalah relatif sama. Namun biasanya pisang kepok putih lebih cocok dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati maag akibat asam lambung berlebih.

Khasiat pisang kepok mentah untuk mengobati maag dan asam lambung

Baik pisang kepok mentah maupun pisang kepok yang sudah matang sama-sama memiliki manfaat dan nutrisi untuk mencegak kenaikan asam lambung. Namun khasiat dari pisang kepok yang masih mentah lebih cocok untuk dipakai sebagai obat lambung, bukan sebagai makanan konsumsi karena masih terdapat getah-getah yang didalamnya justru terkandung zat yang dibutuhkan lambung untuk mengontrok kenaikan asam lambung.

Pada pisang kepok memiliki setidaknya kurang lebih sekitar 110 gram kalori dan berbagai vitamin seperti vitamin C18 gram, vitamin B6 13 gram, dan serat sebanyak 15 gram. Kandungan serat pada buah pisang kepok juga efektif untuk melancarkan penceraan dan menjaga kesehatan usus.

Buah pisang kepok sangat efektif untuk mengontrol dan menjaga kadar asam lambung berlebih karena  berkat kandungan magnesium, kalium dan mangan yang tinggi pada pisang tersrbut. Yang mana ketiga zat ini sangat berguna untuk menetralisir asam lambung penyebab sakit maag.

Seperti diketahui, untuk mencegah dan mengobati maag, lebih baik mengkonsumsi buah pisang kepok yang masih mentah, setidaknya tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah juga. Namun Bagi anda yang tidak menyukai pisang mentah, mengkonsumsi pisang kepok yang sudah matang pun sebetulnya tidak menjadi masalah. Atau alternatif lainya mengkonsumsi pisang kepok mentah kemudian direbus dan diberikan sedikit gula agar dapat  memberikan sedikit rasa.

Cara mengkonsumsi pisang kepok tidak ada aturan yang baku, namun disarankan mengkonsumsi pisang ini ketika lambung masih kosong atau dikonsumsi sebelum makan. Jadi konsumsilah satu atau dua pisang kepok sebelum makan. Setelah itu berikan jeda waktu ketika akan mengkonsumsi makanan yang lain selama 10 sampai 15 menit. Ini dimaksudkan agar zat kalium dan zat-zat lainnya pada pisang kepok dapat menyebar ke dinding lambung.

Demikian penjelasan mengenai khasiat pisang kepok mentah untuk mencegah dan mengobati maag akibat asam lambung. Selain penggunaan pisang kepok latihlah dengan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

Tulis Komentar