Kandungan Biji Mahoni dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan biji mahoni terdapat beberapa manfaat yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Dibalik rasanya yang pahit, buah mahoni dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengobat berbagai penyakit.

Sebagian besar dari masyarakat kita mengenal mahoni adalah sebuah kayu yang banyak dipakai untuk berbagai kerajinan. Banyak yang tidak mengetahui bahwa buah mahoni memiliki berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

Kandungan Biji Mahoni

Pohon mahoni dapat tumbuh dengan mudah di daerah-daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Honduras. Buah mahoni memiliki kareakteristik yang unik, baik dari bentuknya maupun dari buahnya. Tidak seperti kebanyakan pohon lainnya, pohon mahoni memiliki buah yang menggantung ke atas dengan tangkainya yang mengarah ke atas, bukan ke bawah. Dengan karakteristik yang unik tersebut, buah mahoni disebut sebagai sky fruit.

Ada terdapat beberapa kandungan utama dari buah mahoni yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Berikut beberapa kandungan utama dari buah mahoni.kandungan biji mahoni dan manfaatnya untuk kesehatan

Saponin

Saponin merupakan salah satu zat glukosa yang memiliki sifat hipoglikemik. Secara singkat, kandungan saponin tumbuhan ini akan bersifat berbusa ketika dicampurkan dengan air. Kandungan saponin pada buah mahoni sama seperti halnya kandungan saponin pada ginseng namun saponin pada buah mahoni memiliki kadar yang lebih tinggi.

Zat saponin memiliki banyak sekali khasiat dalam beberapa pengobatan terutama dalam mengatasi diabetes. Karena saponin bersifat mengurangi lemak darah dan meningkatkan daya tahan tubuh secara signifikan. Kandungan saponin juga bagus untuk mencegah obesitas. Selain itu kandungan saponin juga baik untuk mencegah alergi dan asma.

Flavonoid

Flavonoid merupakan salah satu senyawa yang dihasilkan dari pigmen tanaman yang berguna sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini sangat berguna dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan serangan kanker dan penyakit-penyakit lainnya.

Kandungan senyawa Flavonoid pada buah mahoni juga efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan sistem peredaran darah. Selain itu senyawa flavonid berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Alkaloid

Kandungan senyawa alkaloid merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada buah mahoni yang berkhasiat dalam mengontrol kadar pH tubuh. Hal ini berguna untuk mencegah oksidasi pada tubuh yang berpotensi tumbuhnya sel-sel kanker. Sifat alkaloid bekerja bersama antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan toksin-toksin dalam tubuh.

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Setelelah mengetahui kandungan biji mahoni, manfaatnya untuk kesehatan sudah tentu tidak diragukan lagi disamping rasa buah mahoni yang pahit. Namun dibandingkan dengan manfaat yang bisa didapatkan, sepertinya rasa pahit pada buah mahoni akan menjadi tidak terasa.

Memperlancar sistem peredaran darah

Peredaran darah di dalam tubuh sangatlah penting. Ketika terdapat bagian-bagian tubuh yang peredaran darahnya tidak lancar, maka bisa berpotensi datangnya penyakit-penyakit seperti hiperlipemia, kejang, varises, gangguan sistem metabolisme, dan lain-lain. Mengkonsumsi buah mahoni dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Membantu memulihkan sistem pernafasan

Biji mahoni ternyata dapat bermanfaat dalam memulihkan sistem pernafasan termasuk asma dan bronkitis. Hal ini karena kandungan flavonoid yang terdapat pada biji buah mahoni. Flavonoid bekerja melalui jaringan larva tubuh dan masuk ke sistem pernafasan dan akan mempermudah dalam menyerap oksigen sehingga pernafasan menjadi bertambah lancar.

Membantu memperlancar sistem syaraf

Manfaat biji buah mahoni lainnya adalah melancarkan sistem syaraf dalam tubuh yang bisa menimbulkan terjadinya insomnia, migrain, dan gangguan tidur. Migrain dan gangguan tidur merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh seseorang, jika hal ini terus terjadi akhirnya terjadi stress. Gangguan tidur dan migrain bukan hanya ditimbulkan oleh gejala-gejala dan faktor psikologis, namun juga dapat terjadi karena ada sistem syaraf yang tidak lancar.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan bahan-bahan yang terkandung pada biji buah mahoni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena biji mahoni bersifat anti inflamasi, anti tumor, anti bakteri dan dapat membantu mengeluarkan toksin-toksin dalam tubuh yang tidak terduga. Namun untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang optimal, tidak cukup hanya dengan mengandalkan buah mahoni saja, namun juga harus disertai dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi manfaat buah lainnya yang mengandung banyak vitamin C.