Begini Cara Mengolah Alpukat untuk Diet yang Tepat dan Sehat

Cara mengolah alpukat untuk diet sebenarnya cukup mudah. Tinggal dikombinasikan dengan beberapa buah lain yang rendah lemak dan karbohidrat sebetulnya sudah cukup. Selain itu pengkombinasian olahan alpukat menghasilkan vitamin yang baik untuk tubuh.

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat. Buah yang memiliki rasa lezat ini dapat tumbuh di kebun dengan tanah yang subur. Bahkan di halaman rumah sekalipun. Namun ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat bahwa buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan.

Sebenarnya mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena pada alpukat terdapat lemak baik yang sebenarnya sangat baik untuk tubuh, bahkan untuk orang yang diet sekalipun. Bahkan saat ini tidak jarang orang menjalankan diet dengan mengkonsumsi buah alpukat.

Di hampir semua daerah di Indonesia, Anda akan mudah menemukan buah alpukat seperti di pasar-pasar tradisional dan supermarket, mulai dari alpukat dengan kualitas yang biasa saja hingga alpukat yang berkualitas bagus.

Seluruh dunia mengakui manfaat buah alpukat, oleh karena itu tidak heran buah yang satu ini banyak dibudidayakan hampir di seluruh penjuru dunia terutama yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Sebenarnya cara mengolah buah alpukat untuk diet sama sekali tidak sulit, bahkan tanpa diolah dengan makanan lainpun Anda sudah dapat sebagian dari manfaat buah alpukat untuk diet.cara mengolah alpukat untuk diet

Beberapa olahan lezat dari alpukat yang bagus untuk diet

Saat sekarang ini banyak sekali variasi resep yang bisa didapatkan dari olahan buah alpukat. Berbeda dengan zaman dahulu yang memanfaatkan buah alpukat secara langsung tanpa olahan atau campuran bahan apapun. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara mengkonsumsi buah alpukat, Baik itu dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan vitamin yang terdapat pada buah alpukat tidak akan hilang hanya dengan perbedaan cara mengkonsumsi buah alpukat tersebut. Diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, vitamin E dan potassium.

Salah satu yang sering menjadi pembicaraan adalah kadar lemak pada buah alpukat. Banyak yang menganggap bahwa buah alpukat adalah salah satu penyebab kegemukan karena kandungan lemak yang ada didalamnya. Sebetulnya kadar lemak yang ada pada buah alpukat adalah lemat tak jenuh. Yang artinya lemak tak jenuh sangat baik untuk tubuh dan tidak akan menyebabkan kegemukan.

Berikut ini adalah beberapa olahan lezat dari jus alpukat sebagai penunjang diet sehat.

Olahan jus alpukat dengan buah naga dan jeruk segar

Cara mengolah alpukat untuk diet dengan disertai buah naga dan buah jeruk akan menambah kesegaran dan tambahan suplemen vitamin ketika menjalankan diet sehat. Cukup dengan menyiapkan satu buah alpukat berkualitas bagus, 1 buah naga dan 3 buah air perasan jeruk nipis.

Caranya yaitu cukup dengan mencampurkan semua adonan buah dengan di blender agar menjadi halus. Sebelum di blender tambahkan air secukupnya kurang lebih sekitar 400 ml. Jika diperlukan Anda dapat menambah beberapa bongkahan es batu kecil. Setelah di blender, jus buah alpukat dapat langsung dinikmati.

Olahan jus alpukat dengan susu kental manis dan milo

Cara mengolah alpukat untuk diet yang kekinian yang banyak disukai adalah jus alpukat milo. Jus ini tidak hanya disukai oleh orang yang sedang menjalani diet, namun juga disukai oleh hampir semua orang yang menyukai jus alpukat baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Caranya adalah dengan menyiapkan 2 buah alpukat segar yang sudah matang, milo sachet kecil, dan susu kental manis secukupnya. Kemudian pisahkan buah alpukat daging buah dengan bijinya. kemudian potong-potong alpukat sambil dimasukan kedalam blender. Setelah itu tuangkan susu kental manis beserta air secukupnya. dan di blender hingga halus.

Kemudian jus alpukat yang telah di blender di tuangkan ke dalam gelas. Setelah itu tuangkan bubuk milo sachet diatas jus alpukat. Jus alpukat susu milo siap dinikmati.

Olahan alpukat lezat dengan topping keju

Cara mengolah alpukat untuk diet yang satu iniĀ tidak kalah lezatnya, yaitu alpukat dengan topping keju. Orang yang sedang menjalani diet tentu salah satu makanan yang harus dibatasi adalah nasi. Nah, olahan alpukat dengan keju ini bisa menjadi alternatif pengganti nasi pada saat diet.

Cukup dengan menyiapkan 3 buah alpukat segar yang sudah matang, kemudian pisahkan daging buah dengan biji dan kulitnya. Setelah itu alpukat tersebut dipotong-potong kecil. Siram potongan alpukat tersebut dengan santan kara secukupnya. Kemudian taburi keju parut diatasnya hingga taburan keju hampir menutupi bagian potongan alpukat. Dan alpukat dengan topping keju siap dihidangkan.