7 Buah Penurun Kolesterol dan Asam Urat yang Ampuh

Buah penurun kolesterol dan asam urat sebetulnya cukup banyak, namun ada beberapa yang familiar dan mudah untuk ditemukan sehari-hari. Kolesterol dan asam urat menjadi keluhan tersendiri dan cukup mengganggu dalam menjalankan aktivitas. Bahkan pada kasus yang parah, kedua penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Kolesterol dan asam urat sering terjadi pada usia lanjut usia atau biasanya menyerang pada orang yang usianya diatas 35 tahun. Akibat dari kolesterol yang terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama tidak ditangani dapat beresiko timbulnya penyakit komplikasi seperti stroke, jantung, diabetes bahkan darah tinggi.

Sedangkan asam urat pada kasus yang parah jika tidak ditangani dan dikombinasikan dengan pola hidup sehat akan menyerang ginjal dalam waktu tertentu. Oleh karena itu sebagai pelengkap dalam menjalankan pola hidup sehat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan sebagai berikut.buah penurun kolesterol dan asam urat

Jeruk Nipis

Buah penurun kolesterol dan asam urat yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki bentuk dan tekstur yang khas dengan rasa yang sangat asam. Di dalamnya terkandung zat flavones plymethoxylated yang merupakan sumber antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan radikal bebas pada tubuh.

Selain itu Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan dapat mengurangi resiko kardiovaskuler sehingga jeruk nipis dapat digunakan sebagai terapi herbal untuk menurunkan kolesterol.

Buah Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang baik dan tidak menyebabkan kegemukan. Selain itu alpukat juga memiliki kadar gula yang sangat rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kolesterol dan asam urat. Lemak tak jenih yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu menekan kolesterol jahat dalam darah. Dalam penerapannya, disarankan mengkonsumsi alpukat dikombinasikan dengan salad sayur.

Buah Pisang

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari buah pisang sebagai sumber kalium yang kuat. Salah satunya adalah membantu mengurangi kolesterol jahat dan asam urat. Kadar gula yang rendah pada pisang sangat cocok juga untuk penderita diabetes. Kalium dalam buah pisang akan membantu mencairkan asam urat pada darah dan mengeluarkannya lewat urin. Akan tetapi perlu diketahui meskipun kadr gula pada buah pisan, khusus penderita diabetes harus dibatasi dalam mengkonsumsi buah pisang ini. Namun tidak ada pantangan sama sekali bagi penderita kolesterol dan asam urat.

Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang sudah siap makan, tentunya dengan dicuci bersih terlebih dahulu. Beberapa literature dari jurnal eropa seperti dikutip dari tribunnews menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 buah apel setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah hingga 6 persen.

Cara mengkonsumsi buah apel dapat langsung dimakan saja atau dibuat jus dengan campuran buah lainnya yang aman untuk kolesterol dan asam urat seperti alpukat dan pisang. Mengkonsumsi 2 buah jus apel akan lebih efektif terutama bagi anda yang. sibuk bekerja daripada memakan buah apel langsung. Selain aman untuk kolesterol dan asam urat, buah apel juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah Jambu Biji

Buah penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah buah hambi biji. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian seperti tangan dan pinggang. Sedangkan kolesterol menyerang pada sel darah. Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang aman dan cenderung menyehatkan bagi yang menderita kolesterol dan asam urat.

Mayoriyas masyarakat di Indonesia tentu sudah sangat mengenal jambu biji. Bentuknya yang bulat dengan daging buah yang merah menjadikannya banyak disukai sebagai konsumsi biah biasa atau sebagai jus. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari jambu biji, terutama vitamin C, yang mana buah jambu biji terutama jambu biji merah merupakan salah satu buha yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi diantara buah-buahan lainnya.

Untuk digunakan sebagai obat tradisional asam urat dan kolesterol, Anda dapat motong kecil satu buah jambu biji ukuran sedang atau besar dan dilumuri dengan madu dan susu. porsi jika akan dikonsumsi setiap hari, satu buah jambu biji yang dimakan langsung atau di jus sudah cukup, tinggal dikombinasikan dengan makanan pelengkap dan buah-buahan lainnya yang tentunya harus aman untuk asam urat dan kolesterol.

Buah Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki kadar lemak tak jenuh paling tinggi. Tentu hal ini sangat bagus untuk dikonsumsi tubuh. Minyak zaitun juga sering digunakan sebagai seasoning dari makanan-makanan tertentu terutama di restoran-restoran yang menyediakan makanan sehat. Selain digunakan sebagai makanan, karena manfaat dari minyak zaitun ini banyak juga dipakai sebagai bahan dan industri kosmetik yang berhubungan dengan kecantikan.

Penelitian dari minyak zaitun ini sudah banyak dilakukan oleh para ahli yang menyebutkan bahsa pada minyak zaitun ini memiliki kandungan antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Buah Belimbing

Buah penurun kolesterol dan asam urat lainnya adalah buah belimbing. Buah belimbing sampai saat ini dipercaya oleh sebagian ahli kesehatan untuk membantu mengontrol kolesterol dalam darah. Kandungan antioksidan pada buah belimbing mempunyai kadar yang tinggi sama dengan teh hijau segar. Selain sebagai sumber antioksidan, buah belimbing juga kaya akan vitamin C, natrium dan serat sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kolesterol tinggi dalam darah harus dikontrol dengan menjalankan pola hidup sehat sesuai dengan anjuran dokter. Begitu juga dengan asam urat. Penderita asam urat harus bisa menjalankan pola hidup sehat dengan beberapa pantangan tertentu, jika tidak demikian maka asam urat bisa kambuh kapan saja dan menyerang persendian.

Pada hakikatnya hampir semua buah baik untuk kesehatan, namun beberapa buah pilihan yang dijelaskan pada artikel ini adalah buah yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita kolesterol dan asam urat. Jika perlu sangat disarankan untuk berkonsulatasi dengan dokter karena setiap kasus yang sama pada setiap orang bisa berbeda penanganannya. Demikian penjelasan mengenai 7 buah penurun kolesterol dan asam urat.