[Penting] Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan yang harus Anda Ketahui

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan sangat penting untuk senantiasa menjaga metabolisme tubuh selalu prima. Tanda kita sadari ternyata mengkonsumsi buah alpuakt secara teratur dapat mencegah penyakit berbahaya yang kapan saja bisa masuk dalam tubuh, termasuk kanker. Benarkah? simak penjelasan berikut ini.

Menurut data dari nutritiondata.com disebutkan bahwa dalam buah alpukat terkandung banyak lemak tak jenuh atau disebut juga lemak tunggal atau lemak baik. Lemak tak jenuh sangat diperlukan tubuh karena bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung yang tentunya sangat tidak kita inginkan.

Selain lemak tak jenuh, buah alpukat juga hanya mengandung kadar gula yang sangat kecil, sehingga buah ini aman untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.manfaat buah alpukat bagi kesehatan

Manfaat buah alpukat untuk menstabilkan tekanan darah

Tahukah Anda bahwa ternyata didalam buah alpukat terdapat kandungan kalium yang cukup banyak seperti halnya terdapat pada buah pisang. Kalium sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet, karena kalium dapat membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi buah secara rutin dan menjalankan pola hidup sehat, maka tekanan darah dapat berangusr-angsur turun.

Buah alpukat aman untuk diet

Apakah Anda sedang menjalani diet sehat? atau Anda saat ini mengalami kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya? Buah alpukat adalah salah satu jawabannya. Banyak orang yang beranggapan bahwa buah alpukat adalah buah yang memiliki sumber lemak tinggi dan dapat meningkatkan kegemukan. Hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Buah alpukat memang memiliki kandungan lemak, tapi lemak yang baik dan faktanya tidak akan menyebabkan kegemukan. Tentu dengan cara mengkonsumsinya tidak berlebihan. Seperti diketahui bahwa orang yang menjalani diet sehat membutuhkan kandungan serat yang cukup.

Buah alpukat mengandung serat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Terutama yang sedang menjalankan diet.

Buah alpukat membantu menurunkan kolesterol

Buah alpukat adalah buah yang tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena menurut penelitian para ahli menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat akan mengurangi kadar yang disebut trigliserida darah. Hal ini menunjukan bahwa buah alpukat adalah salah satu buah yang sehat.

Menurut riset beberapa literatur menyebutkan bahwa seorang pasien yang terkena penyakit hiperkolesterolemia, setelah mengkonsumsi buah alpukat matang dalam 7 hari dengan kadar secukupnya. Pasien tersebut telah mengalami penurunan 17% kadar kolesterol dalam darah. Dan 22% mengalami penurunan zat trigliserida, serta peningkaran kolesterol baik sebesar 11%. Hal ini salah satu yang membuktikan bahwa manfaat buah alpukat bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat buah alpukat sebagai anti radikal bebas

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan lainnya adalah sebagai anti radikal bebas. Meskipun bukan termasuk buah yang memiliki anti radikal bebas yang paling tinggi seperti halnya buah manggis, namun buah alpukat dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh dengan cukup baik. Hal ini karena di dalam buah alpukat terdapat zat glutathione.

Efek radikal bebas dalam tubuh sangat berbahaya, diantaranya salah satu menyebab penyakit kanker dan penyakit lainnya.

Manfaat buah alpukat bagus untuk terapi diabetes

Seringkali kita mendengar bahwa buah alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak tinggi dan berbahaya untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita diabetes. Padahal itu tidak lah benar. Buah alpukat memang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Namun kadar lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau disebut juga dengan lemak baik. Lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

Buah alpukat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh

Ketika sebuah makanan dicerna dalam tubuh, tingkat penyerapan nutrisi sangatlah penting. Semakin cepat penyerapan nutrisi pada tubuh, maka semakin cepat pula reaksi baik yang akan dirasakan, sehingga tubuh akan senantiasa sehat, tidak lemas, dan pencernaan tidak terganggu.

Demikian manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang tidak menyukai buah alpukat, cobalah untuk mengkonsumsinya karena manfaat yang didadapat dari mengkonsumsi buah ini cukup besar.