Mengetahui Nama Latin Jambu Biji Merah Beserta Manfaatnya

Siapa yang tidak mengenal buah berbentuk bulat kulitnya berwarna hijau, daging dan bijinya berwarna merah. Ya, pasti hampir semua orang mengenal buah yang satu ini. buah yang dikenal dengan nama buah jambu biji merah ini bisa sangat mudah kita temukan karena buah tersebut tumbuh di daerah-daerah tropis seperti Indonesia.

Psidium Guava yang merupakan nama latin buah jambu biji merah ini ternyata berasal dari negara Brazil. Buah ini lalu menyebar ke seluruh negara di Asia yang memiliki iklim tropis. Buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C paling banyak daripada jeruk sangat digemari oleh warga Indonesia.

Buah jambu biji dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau di jus. Di restoran-restoran besar sekalipun juga banyak yang menyajikan jus buah jambu. Hal tersebut terkait dengan banyaknya orang yang menyukai dengan buah jambu apalagi bila sudah mengetahui manfaat buah tersebut.

Nama Latin Jambu Biji Merah: Jenis dan Manfaat Buah Jambu Biji

nama latin jambu biji merahPsidium Guava yang dikenal sebagai nama latin jambu biji merah ini ternyata memiliki jenis yang beragam sesuai dengan bentuk dan asal buah itu berada. Buah yang awalnya disebarluaskan dari Thailand ini memiliki cita rasa khas antara manis dan asam. Cara perkembangbiakannya pun dilakukan dengan cara di cangkok. Tujuannya adalah untuk memperbanyak biji yang ada di dalam buah tersebut. Berikut ini merupakan jenis-jenis buah jambu biji berdasarkan asal negaranya.

  1. Jambu Biji Getas Merah

Jambu biji getas merah ini memiliki warna kulit dari yang warna hijau hingga ke kuning-kuningan. Bagian daging dari jambu biji getas merah ini berwarna merah muda. Bentuknya pun agak sedikit lonjong dan rata-rata rasa buahnya tidak terlalu manis. Sekalipun begitu, tetapi buah jambu biji getas merah ini sangat disukai orang-orang karena mengandung vitamin yang cukup banyak. Tidak hanya itu, buah yang nama latinnya sama dengan nama latin jambu biji merah ini tumbuhnya tidak tergantung musim karena perkembangbiakannya dilakukan dengan cara di cangkok, sehingga bisa ditemukan kapan dan di mana saja. Asal buah ini dari daerah Kendal.

  1. Jambu Bangkok

Jambu Bangkok ini merupakan jambu biji yang asalnya dari Thailand. Ukurannya pun terbilang cukup besar dibanding jambu biji lainnya. Untuk ukuran ketika masih mentah saja bisa memiliki bentuk bulat yang sempurna dengan diameter hampir 10 cm. Hanya saja ketika telah matang, ukuran jambu bangkok bisa menjadi lebih kecil dibanding ukuran pada saat mentahnya.

  1. Jambu Australia

Jika melihat dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa jambu biji ini berasal dari Australia. Jambu Australia ini memiliki ciri khas yang terletak pada daunnya. Daun pada jambu biji Australia ini berwarna merah keunguan. Sekalipun buah jambu biji Australia tersebut bisa dimakan tapi masyarakat sana lebih memilih untuk menjadikannya sebagai hiasan.

Tahukah Anda bahwa buah jambu biji merah memiliki manfaat tersembunyi yang mungkin belum Anda ketahui di antaranya adalah mencegah kanker. Jambu biji merah memiliki kandungan likopen yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, prostat dan mulut. Selain itu, jambu biji juga sering digunakan untuk mengobati orang yang terkena demam berdarah.

Psidium Guava yang merupakan nama latin jambu biji merah ini berguna untuk menaikkan trombosit si penderita demam berdarah. Biasanya si penderita diberikan dalam bentuk sudah menjadi jus karena lebih mudah untuk mengonsumsinya. Demikian penjelasan tentang jenis dan manfaat buah jambu biji semoga dapat berguna bagi yang membutuhkan.