Manfaat Wortel untuk Mata yang Perlu Anda Tahu

Mata merupakan salah satu bagian dari panca indera yang mempunyai peran sangat penting bagi manusia. Sebagian masyarakat di Indonesia mengalami masalah mata baik yang ringan maupun yang serius. Meskipun penggunaan kaca mata adalah solusi bagi orang yang mengalami gangguan mata, namun tetap saja mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.

Jenis vitamin yang paling baik untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. mengkonsumsi vitamin A ini sangatlah penting untuk mencegah gangguan pada mata seperti rabun jauh atau rabun dekat, katarak, rabun senja, dan lain-lain. Manfaat wortel untuk mata adalah salah satu buah/sayuran yang memproduksi vitamin A dengan sangat baik.

Mengingat fungsi mata sangatlah penting, maka mengkonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu hal yang paling dianjurkan, salah satunya dengan mengkonsumsi wortel. Buah wortel banyak ditemui di masyarakat sebagai masakan pekengkap nasi, baik itu melalui masakan tumisan, ataupun sebagai lalapan.

manfaat wortel untuk mataKandungan nutrisi pada wortel tidak hanya vitamin A saja, namun banyak kandungan nutrisi lain didalamnya seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, B1 dan kalori. Namun demikian buah wortel adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin A dalam bentuk zat beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata atau merasakan manfaat wortel untuk mata.

Manfaat Wortel untuk mata Minus

Mata minus merupakan salah satu gangguan mata yang terjadi pada seseorang yang mana orang yang mengalami mata minus akan kesulitan melihat benda harus lebih dekat dari jarak normal. Dengan kata lain mata minus mengharuskan seseorang melihat objek benda dari jarak yang sangat dekat. Semakin tinggi nilai minus dari mata seseorang, maka jarak lihat terhadap objek benda harus semakin dekat. orang yang mengalami mata minus, jika melihat dari jarak yang normal pandangannya akan kabur.

Selain dapat menjaga kesehatan mata dengan kandungan beta karotennya, wortel juga dapat dijadikan sebagai salah satu metode terapi pengobatan untuk orang yang mengalami mata minus agat tingkat minusnya tidak bertambah. Untuk melakukannya Anda dapat mengkonsumsi jus wortel satu kali hingga dua kali sehari.

Namun perlu diketahui banyak faktor yang menyebabkan mata seseorang menjadi minus seperti bawaan lahir, pola hidup yang kurang sehat, kecelakaan, ataupun sering menatap layar tv atau gadget terlalu dekat dengan tingkat cahaya yang tinggi dapat mengakibatkan mata seseorang menjadi minus. Jadi dengan merasakan beberapa manfaat wortel untuk mata bukan berarti mata akan 100 persen terbebas dari pentakit mata.

Manfaat wortel untuk mata dalam mencegah rabun senja

Rabun senja merupakan gangguan mata yang sering dialami oleh orang yang sudah tua. Orang yang mengalami gangguan mata ini sulit untuk melihat objek benda pada keadaan cahaya yang kurang. Mengkonsumsi wortel untuk mencegah penyakit rabun senja adalah salah satu yang direkomendasikan.

Manfaat wortel untuk mata dapat lebih besar jika dalam keadaan dimasak

Anda lebih suka mengkonsumsi wortel dalam keadaan dimasak atau mentah? ternyata menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi wortel dalam keadaan dimasak memiliki manfaat yang lebih besar dari mengkonsumsi wortel yang masih mentah. Seperti penelitian yang telah dilakukan oleh Agricurtural and Food Chemistry, Amerika Serikat menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada wortel meningkat kurang lebih sebanyak 35% dibandingkan dalam keadaan mentah.

Takaran pada keadaan dimasak dan keadaan tidak dimasak ini belum jelas yang bagaimana, namun demikian alangkah baiknya jika memasak wortel tidak berlebihan (overcook) karena justru memasak sayuran yang terlalu matang itu akan merusak kandungan gizi yang ada pada wortel tersebut.

Demikian sebagian manfaat wortel untuk mata yang perlu anda tahu agar senantiasa menjaga kesehatan dan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.