Manfaat Jambu Biji Merah yang Perlu Anda Ketahui

Jambu biji merupakan buah asal Brazil yang kemudian dikembangkan di Indonesia. Dan seperti yang sudah diketahui banyak masyarakat, buah jambu ini memang rasanya yang lezat dan segar. Selain enak disantap langsung atau dibuat jus, ternyata ada manfaat jambu biji merah yang belum banyak diketahui masyarakat.

Padahal, buah dengan nama latin Psidium guajava tersebut memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Sebab, setelah diteliti oleh para ahli, jambu biji merah mengandung berbagai macam zat bermanfaat seperti asam ursolat, minyak atsiri, asam oleanolat, asam psidiolat, asam guajaverin, asam kratogolat dan aneka vitamin. Oleh karena itu, kali ini akan diulas terkait 5 manfaat apa saja yang diperoleh saat mengonsumsi buah jambu merah.

5 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatanmanfaat jambu biji merah

Menutrisi syaraf dan otak agar berfungsi optimal

Manfaat jambu biji merah yang pertama adalah menutrisi otak serta syaraf agar dapat berfungsi dengan optimal. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan vitamin B6 dan B3 yang sangat bermanfaat untuk merangsang kinerja otak. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada jambu biji juga mampu memperlancar peredaran darah sehingga proses metabolisme dan aliran darah ke otak dan syaraf bisa lebih maksimal.

Sebagai antioksidan

Jambu biji merah memiliki kandungan Vitamin C yang terbilang sangat tinggi sehingga mampu berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin C selain sebagai antioksidan juga sangat diperlukan tubuh untuk proses sintesis kolagen. Bagi Anda yang belum tahu, kolagen merupakan protein struktural utama yang terdapat dalam tubuh manusia, di mana protein tersebut berkaitan langsung dengan kulit, tulang, pembuluh darah dan organ. Selain Vitamin C, senyawa lain yang berperan sebagai antioksidan pada tanaman jambu adalah flavonoid dan polivenol. Adanya senyawa antioksidan tersebut dapat menghalau radikal bebas yang masuk pada tubuh.

Mengatasi sembelit

Manfaat buah jambu biji selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Perlu Anda ketahui bahwa jambu biji merah khususnya pada bagian bijinya bisa digunakan sebagai obat pencahar yang mampu melancarkan pencernaan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya  sangat tinggi sehingga dapat memperlancar kinerja sistem ekskresi dalam tubuh dengan sangat baik. Masalah sembelit memang benar-benar harus diatasi karena terdapat kurang lebih 72 penyakit berasal dari pencernaan yang bermasalah termasuk sembelit.

Meminimalisir tekanan darah tinggi

Manfaat jambu biji merah yang keempat adalah menjaga atau mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Pasalnya, di dalam jambu biji terdapat senyawa elektrolit yang berfungsi untuk menjaga kadar tekanan darah tinggi pada manusia yaitu Kalium. Di samping itu, Kalium juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, Kalium memiliki peran yang sangat penting sebagai pereaksi terbaik pada proses kinerja jantung. Kadar senyawa kalium ini juga bisa Anda temui pada buah pisang karena keduanya memiliki kandungan Kalium yang hampir sama.

Mencegah kanker

Manfaat jambu yang kelima adalah sebagai pencegah kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan  Likopen pada jambu biji merah yang berdasarkan penelitian para hali mampu melindungi tubuh dari bahayanya kanker seperti kanker usus besar, kanker rongga mulut, kanker dubur, kanker tenggorokan dan lain sebagainya.

Melihat betapa banyaknya manfaat jambu bagi kesehatan, tak ada salahnya untuk Anda dan keluarga mencoba untuk mengonsumsi buah ini setiap hari, bukan? Selain bisa dimakan langsung, buah ini juga bisa dijadikan jus yang segar. Meskipun begitu, saat dibuat jus sangat disarankan untuk tidak menambahkan pemanis apapun, termasuk gula dan susu sebab hal tersebut dapat mengurangi manfaat jambu biji merah.