Manfaat Jambu Batu Merah Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini yaitu Jambu batu merah, Buah ini juga lebih banyak dikenal dengan nama jambu biji. Mayoritas masyarakat Indonesia mengonsumsi jambu batu merah ini ketika sedang mengalami demam berdarah. Padahal masih banyak manfaat jambu batu merah lainnya bagi kesehatan.

Manfaat buah jambu biji ini kebanyakan didapatkan dari kandungan vitamin C yang besar. Bahkan, buah ini juga dijuluki sebagai buah super karena mengandung 4 kali lipat serat, 3 kali lipat protein dan 30 kalori lebih besar dibandingkan buah lainnya. Jambu batu merah memiliki ciri-ciri buahnya berbentuk bulat sempurna dan dagingnya yang berwarna merah dengan banyak biji-biji kecil.

Untuk lebih mengenal penyakit apa saja yang bisa diatasi dengan mengonsumsi jambu biji dalam jumlah besar, silahkan menyimak ulasan di bawah ini.

Manfaat Jambu Batu Merah dan Penyakit yang Bisa Diatasimanfaat jambu batu merah

  1. Sembelit

Banyak orang yang menganggap sembelit adalah hal yang normal karena kurangnya jumlah serat yang dikonsumsi tubuh sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal, sebenarnya sembelit bisa menjadi penyebab 72 penyakit lainnya yang lebih berat. Oleh karena itu, sembelit harus segera diatasi dengan mengonsumsi buah-buah berserat tinggi salah satunya adalah jambu batu merah.

Manfaat jambu batu merah dalam mengatasi sembelit adalah sebagai obat pencahar dan pembentuk gerakan usus sehat. Obat pencahar di sini didapatkan dengan proses pengunyahan jambu beserta bijinya secara langsung. Pembentuk gerakan usus ini didapatkan dari sifat jambu biji sendiri. Apabila usus bergerak secara sehat, tentu proses pembersihan usus menjadi lebih lancar. Bahkan, manfaat jambu ini terhadap proses pencernaan setara dengan buah pepaya.

  1. Hipertensi

Hipertensi adalah penyakit yang tergolong serius jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Penelitian menguak fakta bahwa kekurangan serat dalam tubuh membuat tekanan darah bertambah. Untuk itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah langkah yang tepat. Di sinilah memakan buah jambu batu merah yang berserat tinggi dan hipoglikemik menjadi solusi sehingga kerja jantung lebih baik dan tekanan darah menjadi turun.

Selain itu, manfaat jambu batu merah lainnya adalah sebagai pencegah proses penebalan darah. Proses penebalan darah ini jika dibiarkan bisa meningkatkan tekanan darah dan mengganggu fluiditas darah. Jika sudah begitu, risiko timbulnya penyakit yang lebih serius yaitu jantung  menjadi lebih tinggi.

  1. Penyakit Mata

Penyakit mata umumnya diobati dengan banyak mengonsumsi wortel dengan rasa yang mungkin tidak semua orang suka. Padahal, Jambu batu merah juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi seperti wortel sehingga bisa mengatasi masalah penglihatan. Rasa jambu biji juga jauh lebih enak dibandingkan dengan wortel. Manfaat jambu batu merah lainnya adalah memperlambat kemunculan katarak dan mencegah degenerasi makula. Anda yang memiliki masalah mata minus juga sangat baik mengonsumsi buah jambu biji ini secara rutin.

Demikianlah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan memakan buah jambu batu merah atau biji. Sebenarnya, masih banyak penyakit lainnya yang juga bisa diatasi dengan jambu biji. Jambu ini mudah ditemukan di Indonesia dan harganya juga murah. Jika Anda kesulitan menemukan jambu biji, Anda bisa membeli jus jambu batu merah yang banyak dijual di outlet-outlet jus terdekat.

Semoga artikel mengenai manfaat jambu batu merah ini bisa menyadarkan Anda bahwa jambu biji tidak hanya bermanfaat bagi penderita demam berdarah saja tetapi banyak manfaat lainnya. Tunggu apalagi? mulai hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi buah super ini.