Manfaat Daun Jambu Biji untuk Diare dan Kesehatan pada Umumnya

Sejak lama, manfaat buah jambu biji dan daunnya dipercaya sebagai bahan obat herbal yang kaya manfaat. Kandungan senyawa seperti tannin, minyak atsiri, asam ursolat, resin dan banyak zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selama ini, manfaat daun jambu biji untuk diare sudah dikenal luas oleh masyarakat. Lalu, adakah manfaat lain dari daun ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Diare dan Kesehatan

Siapa yang tak mengenal jambu biji? Buah dengan bentuk bulat dan daging berwarna putih atau merah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Selain buahnya yang kaya manfaat, daunnya pun memiliki manfaat yang nyata bagi kesehatan. Masyarakat sering menggunakan  daun jambu biji untuk diare. Manfaat lain daun ini untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

daun jambu biji untuk diareMembantu mengatasi diare

Diare memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan cara membuat teh daun jambu. Teh ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri perut, membuat tinja tidak encer, dan akan membuat tinja lebih sedikit. Sebuah study yang pernah dilakukan oleh Revista di Institute de Medicina Tropical de Sao Paulo tahun 2008 lalu menyebutkan bahwa daun ini dapat menghambat perkembangan bakteri Stpaphylococcus aureus yang menjadi bakteri utama pemicu penyakit diare.

Mengontrol kolesterol yang berlebih

Manfaat ini mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat karena sebagian besar masyarakat hanya tahu manfaat daun jambu biji untuk diare saja. Sebuah artikel yang pernah diterbitkan di majalah Nutrisi & Metabolisme pada Februari 2010 lalu mengungkapkan bahwa dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi teh daun ini memiliki kadar kolesterol yang rendah setelah mengonsumsi teh selama 8 kali. Telah terbukti bahwa daun ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang manusia di era yang modern ini. Untuk mencegah tubuh agar tidak terkena diabetes, Anda bisa mengonsumsi teh daun jambu biji. Dalam daun ini terdapat kandungan flavonoid dan banyak senyawa lain yang mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap rendah. Beberapa uji klinis yang telah dilakukan di Jepang juga mendukung pernyataan tentang daun jambu biji yang memiliki kandungan antidiabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut beberapa uji klinis dan penelitian laboratorium, mengonsumsi teh daun ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menjaga sistem peredaran darah tetap baik. Beberapa senyawa dalam daun yang kaya manfaat ini sangat bagus untuk penderita penyakit jantung. Senyawa ini aktif menurunkan tekanan darah dan detak jantung yang tinggi. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh penelitian “Methods And Findings ini Experimental and Clinical Pharmacology” yang menyebutkan bahwa hewan ternak yang mengonsumsi banyak daun jambu akan memiliki jantung yang sehat dan tekanan darah yang normal. Penelitian kemudian dilanjutkan kepada manusia dan hasilnya pun sama.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Anda bisa mengonsumsi teh dari bahan dasar daun jambu yang lebih kaya manfaat. Mencegah datangnya suatu penyakit adalah hal yang sangat baik. Di saat sakit pun, sebaiknya Anda memilih obat herbal yang lebih aman dan telah dipercaya secara turun temurun. Manfaat daun jambu biji untuk diare dan penyakit lain dalam tubuh layak diaplikasikan sebagai obat herbal yang ampuh demi menghindari obat kimia yang memiliki efek samping berbahaya. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda.