Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat daun salam untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, terutama untuk mengobati beberapa penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, dan asam urat yang dapat anda coba di rumah. Berikut adalah beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan yang pengolahannya dapat anda coba kapan saja.

Mencegah gangguan ginjal

Daun salam sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ tubuh selain jantung, seperti ginjal. Ketika seseorang banyak mengkonsumsi obat kimia atau makanan yang mengandung zat aditif, maka ginjal akan bermanfaat sebagai penyaring zat racun dan membuangnya dalam bentuk urin ataupun keringat.

Namun ketika terlalu banyak zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh tanpa disertai dengan konsumsi bahan alami (sayur atau buah) bukan tidak mungkin bagian glomerulus ginjal yang memegang fungsi penyaringan akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebagai langkah pencegahan, anda dapat menggunakan 5-7 lembar daun salam dan direbus dalam 300ml air dan kemudian disisakan sekitar 50-75ml untuk diminum sekali sehari saat pagi.khasiat daun salam

Kandungan senyawa alami seperti vitamin C, quercetin, flavonoid, dan salisilat akan meregenerasi sel glomerulus ginjal yang rusak dan menguatkan kinerja ginjal tanpa membahayakan organ tubuh lainnya. Saat ginjal bekerja, kandungan senyawa dalam daun salam juga akan membuat daya tahan tubuh tetap terjaga.

Pencegah kanker

Khasiat daun salam untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai pencegah kanker atau pertumbuhan sel yang abnormal akibat terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia. Kandungan senyawa quercetin, flavonoid, eugenol, dan parthenolide dari daun salam akan membantu mencegah kanker sekitar 40-60% ketika diminum secara teratur.

Anda dapat memanfaatkannya dengan cara merebus 6-8 lembar daun salam dalam 1000ml air dan disisakan 150ml untuk diminum 1-2 kali sehari secara teratur. Namun ketika anda merasa menggunakan daun salam saja khasiatnya tidak akan maksimal, maka anda dapat menambahkan ramuan lain bentuk rebusan dengan daun salam sebagai komponen utama seperti kapulaga, cengkeh dan bawang putih.

Mengatasi kutu rambut

Ketika anda memiliki permasalahan terkait kutu rambut pada rambut anak-anak atau orang dewasa, anda juga dapat memanfaatkan sekitar 4-6 lembar daun salam yang direbus dalam 400ml air, didihkan dan sisakan secukupnya untuk menjadi air bilasan rambut. Ketika menggunakan air daun salam jangan lupa untuk memijat kepala dengan perlahan sehingga air daun salam akan meresap ke pori-pori rambut dan mematikan kutu segera.

Diamkan rambut anda selama 4-5 jam dan dibungkus handuk hangat. Kandungan vitamin E dan senyawa metanol dalam daun salam akan berperan seperti insektisida yang mematikan dan menghambat pertumbuhan kutu. Lakukan cara ini sekali sehari dalam 3 hari berturut-turut agar hasil yang anda peroleh maksimal.

Pencegah darah tinggi

Bagi anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda dapat mencoba memanfaatkan 8-10 lembar daun salam yang direbus dalam 1000ml air dan menyisakan segelas 200ml untuk diminum 2 kali sehari. Jika anda tidak kuat dengan rasa pahitnya, anda dapat menambahkan madu atau sedikit asam jawa.

Daun salam memiliki mineral kalium dan natrium yang menyeimbangkan sistem pemompaan darah oleh jantung. Selain itu, komponen mineral dan vitamin lain yang juga terkandung dalam daun salam akan membantu peluruhan kolesterol dan minyak yang terendap dalam pembuluh darah, sehingga tidak terjadi penyumbatan dalam pembuluh darah. Semoga bahasan diatas semakin menambah pengetahuan anda tentang berbagai khasiat daun salam untuk kesehatan.