Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Seperti yang bisa dilihat dari namanya, daun pepaya merupakan daun dari tanaman buah papaya. Kita semua sangat memperhatikan pentingnya mengkonsumsi buah papaya. Tapi akhir- akhir ini, daun pepaya mendapatkan tingkat popularitasnya karena kandungannya yang bermanfaat bagi pengobatan dan khasiat daun pepaya ini juga dapat digunakan untuk melawan penyakit mematikan seperti demam berdarah dan kanker. Daun yang sangat murah ini dibuktikan dapat melawan gejala – gejala demam berdarah, tapi juga bisa untuk mengobatinya.

Cara Mengkonsumsi agar mendapatkan khasiat daun pepaya

Karena rasa daun pepaya yang sangat pahit, daun ini dapat tetap dikonsumsi dengan cara dijus dan dikombinasikan dengan jus buah lainnya. Ada beberapa cara yaitu ambil daun pepaya berukuran sedang yang sudah dicuci dan agak dikeringkan. Potong – potong daun tersebut dan taruh di panci berisi sekitar dua liter air. Rebus air dan daun tersebut sampai mendidih, dan air berkurang hingga setengahnya. Saring airnya, dan simpanlah dalam container gelas. khasiat daun pepaya

Langsung konsumsi atau bisa disimpan dalam lemari pendingin dan disimpan selama 3 atau 4 hari. Tapi jus ini harus segera dibuang jika mulai mengembun. Cara lainnya yaitu dengan menghancurkan daun pepaya setelah terlebih dulu menghilangkan batang atau cabang-cabangnya. Tapi jus ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat daun pepaya

1. Mencegah demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang ditransmisikan oleh nyamuk aedes aegepty. Penyakit ini bisa sangat fatal dengan gejala seperti demam tinggi yang diikuti sakit kepala, dan ruam ruam merah pada tubuh yang menyebabkan gatal. Aspirin dan ibuprofen sering dipilih, namun tetap memiliki efek samping. Daun pepaya ini merupakan metode tradisional dalam mengobati demam berdarah tanpa efek samping.

2. Anti kanker

Menurut beberapa penelitian, daun pepaya mengandung beberapa enzim yang memiliki property melawan kanker seperti misalnya kanker serviks, kinder payudara, kanker paru paru dan pancreas, tanpa efek racun dalam tubuh. Sebagai hasilnya, daun pepaya ini terkadang direkomendasikan sebagai bagian untuk pengobatan kemoterapi. Dengan mengatur sel-T, daun pepaya akan meningkatkan respon system imun melawan kanker.

3. Memperlancar pencernaan

Daun pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B1,C dan E, kalori, protein, kalsium, karbohidrat, dan air. Konsumsi jus daun pepaya memiliki enzim papain yang dapat memecah protein dari makanan yang kita makan secara natural.

4. Menghilangkan cacing diperut

Khasiat daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk karpain yang dapat membunuh mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, dan bakteri seperti pada pembentukan sel kanker. Sering juga digunakan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing dalam perut. Kandungan dalam daun pepaya diklaim dapat menghasilkan senyawa yang bisa membuat cacing tidak bisa menancapkan diri mereka dalam organ tubuh kita.

5. Mengurangi lemak

Daun pepaya yang direbus dengan beberapa potongan jeruk juga dipercaya dapat digunakan untuk mengurangi lemak.

6. Mengobati sakit saat menstruasi

Selain itu, khasiat daun pepaya juga efektif untuk mengobati sakit saat menstruasi. Untuk tujuan ini, ambilah satu lembar daun pepaya, tambahkan buah asem dan sedikit garam, cambur dengan segelas air dan rebus. Konsumsi ramuan ini setelah ramuan mendingin untuk meredakan nyeri.

7. Baik untuk kulit

Daun pepaya juga berguna untuk kulit. Kandungan karpainnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa melawan bakteri seperti jerawat  atau bekas bekas jerawat.

Diatas adalah beberapa khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita, untuk tips lainnya silahkan baca juga Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk Anda.