Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon aristatus(wikipedia) yang sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman dengan bunga berkumis mirip kumis kucing ini banyak dimanfaatkan oleh praktisi pengobatan alternatif sebagai bahan obat mengatasi berbagai penyakit baik yang ringan maupun penyakit berat.

Daun kumis kucing adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan khasiatnya baik dalam bentuk kering maupun basah, bahkan sudah ada yang berbentuk kapsul. Daun kumis kucing bersifat diuretic atau peluruh air kencing sehingga sangat berguna bagi penderita batu ginjal.

Khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan tidak hanya digunakan untuk mengatasi penyakit dalam seperti batu ginjal, diabetes, sipilis, albuminuria, rematik, dan lain sebagainya tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat luar terutama untuk mengatasi luka berdarah dan gatal-gatal akibat alergi. Khasiatnya yang sudah terbukti, disebabkan karena di dalam daun kumis kucing terdapat beberapa senyawa penting sepertiglikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin.khasiat daun kumis kucing

Memanfaatkan daun kumis kucing untuk kesehatan tidak sulit dan tidak membutuhkan peralatan yang merepotkan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menanam tanaman kumis kucing yang relatif mudah dalam pemeliharaannya. Jika tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri, Anda juga bisa mencari obat daun kumis kucing dalam bentuk ekstrak yang dijual di toko obat herbal. Berikut adalah penggunaan daun kumis kucing untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat Daun Kumis Kucing ampuh Mengatasi keputihan

Keputihan pada wanita bisa mengganggu aktivitas karena teksturnya yang cair dan membuat area kewanitaan basah dan kadang berbau. Agar keputihan terkontrol dan tidak menjadi penyakit berbahaya, cara memanfaatkan daun kumis kucing adalah sebagai berikut:

  1. Rebus daun kumis kucing dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih dengan air secukupnya
  2. Tambahkan 1 sendok teh jintan hitam, dan 10 biji kemukus, masak hingga mendidih
  3. Air rebusan diminum satu kali sehari sampai masalah keputihan teratasi.

Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Mengatasi batu ginjal

Penyakit batu ginjal menyebabkan ginjal sulit mengeluarkan urin dari dalam tubuh sehingga racun menumpuk dan bisa menjadi bibit penyakit baru. Khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan ginjal bisa didapatkan dengan cara:

  1. Siapkan 21 lembar daun kumis kucing yang sudah dicuci dan dikeringkan
  2. Setelah kering dan kandungan air tinggal sedikit, bilas dengan air mengalir
  3. Tambahkan 5 lembar daun keji beling
  4. Rebus daun dengan 2 gelas air hingga mendidih
  5. Minum ramuan secara teratur sebanyak satu gelas 2 kali sehari sampai sembuh

Khasiat Daun Kumis Kucing dapat Mengontrol gula darah

Penderita diabetes memiliki kadar gula darah melebihi batas normal sehingga harus ketat dikontrol karena penderita diabetes rawan terkena komplikasi. Penderita diabetes bisa meminum ramuan daun kumis kucing dengan cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci bersih daun kumis kucing sebanyak 16 lembar
  2. Rebus daun kumis dengan 2 gelas air hingga tersisa kira-kira 1 gelas saja
  3. Setelah air rebusan dingin, minum ramuan sekaligus sebanyak sekali sehari untuk menjaga gula darah tetap di level normal.

Khasiat Daun Kumis Kucing bisa Mengatasi darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Ketika hipertensi kumat biasanya ditandai dengan sakit kepala yang sangat di bagian belakang atau area leher, dan kadang terjadi mimisan karena pembuluh darah yang pecah akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan khasian daun kumis untuk kesehatan dengan cara meminum air rebusan segenggam daun kumis. Daun kumis yang sudah dibersihkan direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa satu gelas saja.