Kegunaan Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

Jambu biji adalah buah yang mudah ditemukan di negara tropis termasuk Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan asam. Dibalik rasa manis asamnya, manfaat buah jambu biji sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Tetapi, mungkin banyak yang belum tahu bahwa daun jambu biji jauh lebih menyehatkan dibandingkan buahnya.

Kegunaan daun jambu biji sebagai obat tradisional juga tergolong banyak. Daun ini tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi tetapi juga senyawa Flavonoid yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa diobati dengan cara tradisional yaitu meminum daun jambu biji dalam bentuk teh maupun ramuan lainnya.kegunaan daun jambu biji

Kegunaan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

  1. Diabetes

Kegunaan daun jambu biji yang pertama adalah mencegah penyakit Diabetes. Diabetes dapat dicegah dengan meminum teh daun jambu biji secara teratur. Dengan meminum teh ini, kadar glukosa dalam tubuh bisa diturunkan karena aktivitas enzim alpha-glucosidease yang berkurang. Kadar glukosa akan turun tanpa peningkatan insulin dalam tubuh.

Untuk membuat teh daun jambu biji, langkah pertama adalah dengan merendam segenggam daun jambu biji dalam air panas selama 15 menit. Kemudian, saring air rebusan daun jambu biji dan buang daunnya. Setelah itu, Anda harus merebus kembali ekstrak daun jambu biji ini bersama dengan teh. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula agar rasanya lebih manis.

  1. Masalah Mulut

Masalah mulut adalah masalah yang sering dialami oleh semua orang, memang masalah ini tergolong ringan tetapi rasanya tetap saja cukup menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas harian. Masalah mulut yang sering dialami adalah masalah sariawan, pembengkakan gusi, sakit gigi dan sakit tenggorokan.

Kebanyakan orang akan langsung mengobatinya dengan obat kimia padahal sebenarnya ada cara tradisional yang lebih mudah dan ampuh yaitu dengan daun jambu biji. Caranya adalah dengan menggiling daun jambu biji hingga berbentuk pasta. Setelah itu, Anda cukup menempelkannya pada gigi yang sakit atau gusi yang bengkak.

  1. Diare

Kegunaan daun jambu biji yang selanjutnya adalah untuk mengurangi diare dan sakit perut. Diare adalah penyakit yang tergolong ringan tetapi bisa berbahaya jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama. Daun jambu biji bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengobati masalah diare. Pertama, Anda menambahkan akar dan daun jambu biji ke dalam secangkir air. Kedua, rebus air dan akar serta daun jambu biji hingga mendidih. Ketiga, saring air rebusan. Terakhir, minum ramuan ini dalam keadaan perut kosong.

  1. Demam Berdarah

Kegunaan yang lainnya adalah mengobati penyakit demam berdarah. Jambu biji memang sering digunakan untuk pengobatan demam berdarah baik dalam bentuk buahnya langsung maupun dalam bentuk jus jambu biji. Tetapi, ternyata, daun jambu biji bisa mengobati penyakit demam berdarah lebih ampuh dibandingkan buahnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat jus daun jambu biji. Jus ini berfungsi sebagai pembunuh kuman dalam tubuh dan penurunan demam.

Ternyata tidak hanya buah jambu biji saja yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kegunaan daun jambu biji bagi kesehatan juga sama banyaknya dalam pengobatan tradisional. Mungkin, Anda tidak hanya membeli buah jambu biji saja tetapi juga mulai menanam pohon jambu biji karena hampir seluruh bagian pohonnya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda penggemar pengobatan tradisional dan menginspirasi Anda untuk mulai menanam pohon jambu biji di rumah.