Kandungan Gizi Durian yang perlu Anda Ketahui

Buah durian merupakan salah satu buah yang menjadi favorit di negara-negara asia tenggara terutama Indonesia. Selain buah ini dapat tumbuh subur di negara beriklim tropis, rasanya yang lezat membuat buah ini banyak diminati.

Namun jangan salah, meskipun buah durian memiliki rasa yang lezat dan favorit orang Asia termasuk Indonesia. Di kalangan orang-orang barat dan eropa, buah durian adalah salah satu buah yang paling tidak diminati. Orang-orang barat dan eropa menganggap buah durian termasuk salah satu buah yang sedikit “menjijikan” karena memiliki bau yang tajam dan menyengat.

Akan tetapi disamping itu semua, buah durian ternyata mengandung segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi beruntunglah Anda yang menyukai buah durian 🙂kandungan gizi durian

Kandungan gizi buah durian

Didalam buah durian sebenarnya terkandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah karbohidrat, serat, protein, lemak tak jenuh, asam folat, vitamin C, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa buah durian memiliki kandungan gula yang cukup banyak, oleh karena itu tidak disarankan dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita diabetes. Pada buah durian juga mengandung zat besi dan fosfor yang ternyata memiliki 10 kali lipat lebih banyak dari buah pisang.

Meskipun buah durian banyak tidak disukai oleh orang-orang barat, namun penelitian kesehatan mengenai buah ini cukup banyak. Salah satunya adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika, state university of new york pernah meneliti buah durian.

Dalam hasil penelitian tersebut disebutkan bahwa pada buah durian terdapat zat yang disebut dengan phytosterol. Zat ini dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan kanker. Tentu hal ini suatu hal yang positif dari manfaat buah durian secara spesifik.

Buah durian sebagai sumber antioksidan yang baik

Sebenarnya banyak jenis buah-buahan yang mengandung zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, salah satunya adalah buah durian. Manfaat buah ini membantu membuang efek radikal bebas yang dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker, jantung, dan lain sebagainya. Namun zat antikosidan pada buah durian tidak setinggi zat antioksidan yang terdapat pada buah manggis.

Manfaat buah durian sebagai sumber serat yang baik

Buah durian adalah termasuk buah yang memiliki serat yang cukup baik. Kandungan serat pada buah bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan saat buah air besar. Selain itu serat pada buah juga dapat melindungi selaput dinding usus untuk mencegah peradangan usus.

Sumber energi yang baik

Sama seperti halnya nasi, mengkonsumsi buah durian dapat meningkatkan sumber tenaga bagi tubuh karena buah ini terkandung zat penghasil energi yang baik. Kandungan karbohidrat yang teradapat pada kurang lebih 100 gram buah durian setara dengan kebutuhan 20 hingga 25% karbohidrat harian yang diperlukan tubuh.

Kandungan fruktosa sebagai gula alami pada durian sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga dengan mengkonsumsi buah durian dapat meningkatkan energi pada tubuh dengan relatif cepat pada saat beraktivitas.

Dengan tingginya kadar gula dan karbohidrat pada buah durian, buah ini tidak cocok dikonsumsi ketika Anda sedang menjalani diet karena tentu bukan penurunan berat badan yang didapatkan, malah sebaliknya dapat meningkatkan berat badan.

Membantu merawat kulit agar tetap sehat

Meskipun bukan yang paling diunggulkan, buah durian ternyata dapat membantu merawat kulit agar senantiasa sehat dan tidak mudah keriput. Hal ini karena kandungan vitamin C pada buah durian dapat memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Selain itu kandungan flavonoid pada buah durian juga ampuh untuk membantu regenerasi sel kulit mati.

Sekian penjelasan mengenai kandungan  gizi durian.