Kandungan Buah Naga: Nutrisi dan Gizi Buah Naga

Nutrisi dan gizi pada kandungan buah naga memang tidak diragukan lagi manfaatnya, selain berbagai jenis vitamin dan mineral yang terdapat didalamnya, buah yang memiliki bentuk yang unik ini diyakini ampuh dalam mencegah penyakit kanker.

Di Indonesia, buah naga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Baik itu pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket. Namun ternyata tidak sedikit orang mengetahui begitu banyak manfaat yang bisa dialbil dengan mengkonsumsi buah naga yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini.

Buah naga merupakan tanaman yang terdiri dari beberapa bagian seperti akar, batang, duri, bunga dan buahnya. Penamaan buah naga ini sudah ada sejak jaman nenek moyang yang pertama kali menemukan buah ini di Indonesia. Dinamai buah naga karena bentuknya yang unik, disekitar sisi-sisinya terdapat jumbai-jumbai yang dianalogikan seperti bentuk sisik naga. Maka dari itu buah yang berasal dari negara amerika tengah ini dinamai buah naga.kandungan buah naga nutrisi dan gizi buah naga

Kandungan serat pada buah naga

Serat merupakan zat yang ada pada kandungan buah naga yang sangat penting untuk sistem pencernaan, selain itu serta juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Jika tubuh cukup serat, maka sistem pencernaan akan menjadi lancar terutama dalam sistem pembuangan. Selain itu cukup serat juga dapat mencegah panas dalam.

Kandungan serat memang memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap spele, para peneliti yang berasal dari berbagai sumber menyebutkan bahwa apabila kebutuhan serat harian terpenuhi, maka orang tersebut dapat memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang kurang serat. Artinya kebutuhan serat juga menolong agar lebih terlihat awet muda meskipun secara tidak langsung dirasakan dampaknya.

Selain baik untuk sistem pencernaan, cukup serat juga diyakini dapat mencegah diabetes membantu menurunkan berat badan untuk orang yang sedang menjalani diet, dan membantu mencegah serangan jantung, yang salah satunya terdapat pada buah naga ini.

kandungan protein pada buah naga

Siapa yang tidak kenal dengan kandungan protein, salah satu kandungan gizi yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun kandungan protein pada buah naga tidak sebesar kandungan protein pada tempe dan tahu, namun setidaknya kandungan protein pada buah naga ini dapat membantu proses metabolisme tubuh dan membantu proses pertumbuhan.

protein pada buah naga akan membantu membentuk embentukan otot terutama pada saat berolahraga, selain itu protein juga dapat membantu meningkatkan energi selain karbohidrat karena protein ini sifatnya seperti zat pembangun. Protein pada buah naga juga dapat diberikan pada anak-anak.

Kandungan mineral pada buah naga

Bagi yang terbiasa mengkonsumsi buah naga, maka tentu saja tidak asing lagi dengan kesegaran rasanya yang manis dan sedikit keasam-asaman. Seperti halnya buah-buahan yang lain, didalam buah naga terkandung cukup banyak mineral seperti fosfor dan kalsium.

Mengkonsumsi buah yang banyak memiliki kandungan mineral dapat memenuhi kebutuhan regenerasi sel pada tubuh dan dapat berfungsi sebagai katalisator pada darah dalam pembentukan protrombin dan trombin untuk proses distribusi gizi ke seluruh tubuh. Maka dari itu orang yang kekurangan mineral akan terlihat lesu dan dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tahukah anda bahwa didalam 100 gram buah naga terdapat kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk tubuh seperti 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat, 134,5 mg kalsium, 0,53 gram protein, 0,65 mg zat besi, 87 mg fosfor, 60 kkal kalori dan beberapa vitamin yang semuanya bermanfaat jika dikonsumsi.

Demikian penjelasan mengenai kandungan buah naga yang memiliki banyak nutrisi dan gizi untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.