Jangan Buang Kulit Semangka, Ini Kedahsyatan Manfaat Kulit Semangka

Manfaat kulit semangka, tanpa kita sadari ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat selain rasa dari daging buahnya yang lezat dan menyegarkan. Mungkin banyak sebagian dari Anda setelah memakan buah semangka, langsung membuang kulitnya. Alangkah baiknya jika setelah memamakan buah semangka jangan dibuang terlebih dahulu karena terdapat manfaat kulit semangka yang akan anda tahu setelah selesai membaca artikel ini.

Buah semangka adalah salah satu buah yang mengandung banyak air, dan rasanya yang manis menjadikan buah ini menjadi buah favorit bagi masyarakat indonesia. Namun tidak dengan kulitnya. Namun demikian, meskipun rasa dari kulit semangka tidak selezat daging buahnya. Manfaat kulit semangka yang sudah dipercaya sejak nenek moyang dulu menjadikan sebagian dari masyarakat tetap setia mengkonsumsi kulit buah semangka, antara lain untuk perawatan kulit dan membantu mengatasi berbagai penyakit.manfaat kulit semangka

Kandungan pada kulit semangka

Menurut berbagai literatur menyebutkan bahwa pada kulit buah semangkaterdapat kandungan yang disebut citrulline. Citrulline adalah salah satu zat antioksidan kuat yang sangat bermandaat untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Tidak hanya itu, pada kulit buah semangka ternyata terkandung asam amino yang sangat berguna untuk kekebalan tubuh dan memperlancar peredaran darah. Penjelasan ini juga disebutkan pada jurnal ilmiah Journal of the Science of Food and Agriculture pada tahun 2011.

Perlu Anda ketahui bahwa pada sepotong kecil kulit buah semangka terkandung 2% vitamin C dan 1% vitamin B6 yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi cukup rutin olahan kulit buah semangka, makan sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Baca juga: Beberapa Manfaat Buah Semangka Kuning untuk Kesehatan

Manfaat kulit semangka untuk perawatan kulit

Kulit yang sehat merupakan dambaan setiap orang terutama bagi kaum hawa. Kulit buah semangka dapat dijadikan terapi/treatment pada kulit, seperti halnya mentimun untuk terapi menghilangkan kantung mata. Hal ini bisa dilakukan karena kulit buah semangka mengandung zat likopen yang dapat membantu melembapkan kulit sehingga kulit tidak kering dan lebih sehat secara alami.

Penggunaan kulit buah semangka untuk perawatan kulit sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal mengambil kulit buah semangka yang sudah dimakan daging buahnya dan kemudian dicuci dengan air bersih. Selanjutnya iris kulit buah semangka yang telah dibersihkan menjadi beberapa bagian kecil sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu bagian putih dari kulit buah semangka ditempelkan pada kulit dengan sedikit digosokan pada bagian kulit yang akan di threatment.

Kulit buah semangka juga dapat membantu menghilangkan noda jerawat pada wajah, caranya hanya cukup mencuci muka dengan air bersih dan kemudian kulit buah semangka yang juga telah dicuci bersih dioleskan pada seluruh wajah atau pada noda jerawat tertentu. Setelah itu lihat hasilnya pada beberapa hari, noda jerawat tampak akan menghilang dan kempes dengan sendirinya.

Manfaat kulit semangka untuk mengatasi berbagai penyakit

Membantu mengatasi Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Kulit buah semangka mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh, terutama pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada kulit buah semangka. Untuk mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan cara dibuat jus dengan menggunakan blender. Ramuan kulit buah semangka dapat diminum sebanyak sehari satu kali.

Membantu proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi merupakan proses menghilangkan racun dalam tubuh secara alami. Asam amino sutrulin dan arginin pada buah semangka sangat efektif untuk proses detoksifikasi terutama pada ginjal. Secara teknis, zat asam amino dan arginin ini dapat membantu proses pembentukan urea pada hati sehingga kerjanya akan lebih ringan. Dengan proses detoksifikasi ini akan membuat ginjal Anda menjadi lebih sehat dan terbebas dari segala resiko penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Membantu melawan radikal bebas

Melawan radikal bebas masih terdapat hubungan dengan proses detoksifikasi. Seperti diketahui pada kulit semangka mengandung zat citrulline. Zat ini adalah salah satu zat penghasil antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dalam tubuh. Zat citrulline ini juga secara proses dalam tubuh akan menghasilkan zat lain yaitu asam amino yang disalurkan ke hati. Proses ini secara manfaat akan membuat sistem kekebalan tubuh jauh lebih baik.

Membantu melancarkan peredaran darah

Beberapa resiko ketika peredaran darah tidak lancara adalah cepat lemas, mudah lelah, sering kesemutan dan menjadi sering mengantuk merupakan beberapa tanda dari peredaran darah tidak lancar. Selain banyak minum air putih dan rajin berolah raga, mengkonsumsi ramuan kulit buah semangka adalah salah satu solusi yang direkomendasikan. Seperti penjelasan sebelumnya, mengkonsumsi buah semangka dapat dibuah jus segar dengan sedikit gula dan es. Bisa juga ditambakan dengan sedikit susu.

Cara membuat ramuan kulit semangka untuk membantu mengobati berbagai penyakit

Seperti diketahui, kulit buah semangka memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bagaimana tidak, selain rasa buahnya yang manis dan segar, kulitnya juga bermanfaat terutama untuk membantu pengobatan berbagai penyakit seperti gejala hipertensi, gangguan ginjal, peredaran darah tidak lancar, dan lain-lain.

Namun mungkin sebagian dari Anda masih bingung cara mengkonsumsi kulit buah semangka. Sebenarnya yang paling mudah adalah dengan menjadikannya jus dengan air dan sedikit gula. Akan tetapi jika Anda tidak menginginkan jus, maka dengan membuat ramuan minuman biasa dari kulit buah semangka juga sangat baik.

Ada cara lain untuk membuat ramuan dari kulit buah semangka, terutama untuk pengobatan. Yaitu sebagai berikut:

  1. Bersihkan kulit semangka yang sudah dimakan/diambil daging buahnya dengan air bersih.
  2. Setelah kulit semangka dicuci, jemur dibawah terik sinar matahari sampai kering.
  3. Setelah kulit semangka kering, tumbuk sampai halus.
  4. Rebus tumbukan kulit semangka dengan air secukupnya selama kurang lebih 30 menit.
  5. Air rebusan kulit buah semangka siap untuk dikonsumsi. jika perlu Anda boleh menambahkan sedikit gula atau susu agar rasanya lebih enak. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kulit semangka. Meskipun banyak manfaat buah yang dapat diambil untuk kesehatan. Yang terpenting bagaimana kita menjalankan pola hidup yang sehat sehingga tentunya akan terbebas dari berbagai resiko penyakit.