Ciri-ciri pohon jambu biji yang ada disekitar kita

Buah jambu biji mungkin Anda sudah mengenalnya, karena memang buah ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan pohonya. Sebagian orang ada yang paham betul pohon jambu biji. Namun sebagian orang mungkin belum tahu apa ciri-ciri pohon jambu biji secara deskriptif. Meskipun secara bentuk pasti tahu kalau itu adalah pohon jambu biji.

Sebenarnya manfaat buah jambu untuk kesehatan banyak. Begitu juga dengan jenis buah jambu yang ada di Indonesia. Namun hanya beberapa jenis buah jambu yang sangat populer di Indonesia. Diantaranya adalah buah jambu biji, jambu air, jambu mete, dan lain sebagainya.ciri ciri pohon jambu biji

Pohon jambu biji dapat tumbuh dengan baik pada daerah-daerah tropis dengan kondisi tanah yang gembur ataupun liat. Pohon jambu dengan buahnya memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena buah dan pohonya dapat dijadikan sebagai salah satu sumber vitamin C paling tinggi diantara buah-buahan lainnya. Juga daun jambu biji yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang efektif.

Ciri-ciri pohon jambu biji secara umum

Daun jambu biji rata-rata memiliki tinggi 5 hingga 7 meter dengan batang-batang yang menyebar. Namun jika pohon jambu biji ditanam dengan tekni pencangkokan, maka tinggi buah jambu biji dapat jauh lebih rendah dibandingkan dengan teknik penanaman biasa.

Beberapa ciri-ciri pohon jambu biji dapat diidentifikasi dari akar pohonya, batang pohonya, daun dan buah jambu biji itu sendiri.

Akar pohon jambu biji

Akar pohon jambu biji biasanya memiliki bantuk akar yang mengerucut, dengan panjang tertentu. Akar ini tumbuh lurus ke bawah dengan percabangan yang banyak ke samping sehingga pada dasarnya pohon jambu biji memiliki kekuatan akar yang sangat kuat untuk menopang pohonya. Didalam batang percabangan akar pohon jambu terdapat percabangan lagi dengan akar-akar halus.

Batang pohon jambu biji

Batang pohon jambu biji memiliki bentuk batang yang mengerucut seperti pada akarnya. Namun dari bawah, batang utama pohon jambu biji memiliki bentuk yang besar. Semakin keatas bentuknya semakin mengecil.

Batang pohon jambu biji memiliki warna kecoklatan dengan tekstur halus atau licin. Namun bentuk batang jambu seperti ada pengelupasan kulit batang. Sehingga akan menghasilkan teksur warna kecoklatan yang berbeda seperti kerak.pohon jambu biji

Kekuatan dari batang pohon jambu biji termasuk batang yang sangat kuat dan mampu menopang beban beberapa puluh kg, sehingga aman untuk dinaiki. Arah batang jambu biji juga cenderung tegak lurus yang akan menghasilkan percabangan batang lagi sebagai tempat buah jambu tumbuh.

Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhannya. Salah satunya adalah untuk penyerapan oksigen pada malam hari dan penyerapan karbondioksida (CO2) pada siang hari.

Daun jambu pada dasarnya memiliki bentuk daun yang lazim seperti pada daun pohon buah lainnya. Rata-rata daun jambu biji memiliki perbandingan panjang dan lebar sekitar 2 berbanding 1 dengan ujung daunnya, sehingga semakin jauh dengan batang pohon, maka bentuk daun jambu biji semakin meruncing. Warna daun jambu biji adalah hijau muda.

Bunga pohon jambu biji

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui bahwa ternyata pohon jambu biji memiliki bunga. Ya, bunga jambu biji memiliki fungsi sebagai proses pembuahan dimana serbuk sari pada bunga akan bertemu dengan putik sehingga terjadilah pertumbuhan buah jambu biji.

Bunga jambu biji terletak pada bulatan calon buah jambu yang belum tumbuh. Ketika buah jambu tumbuh, biasanya bunga secara perlahan-lahan akan rontok dan akhirnya habis dengan sendirinya. Namun disaat waktu yang bersamaan biasanya telah tumbuh lagi bunga jambu biji di cabang yang lain.

Buah jambu biji

Buah jambu biji memiliki bentuk yang bulat dengan tekstur sedikit kasar. Terutama pada buah jambu yang masih mentah atau belum matang. Ketika buah jambu masih matang, maka teksur buah jambi biji akan semakin halus dan empuk. Namun pada jenis buah jambu biji tertentu, ada juga yang buahnya memang sudah matang tetapi memiliki tekstur yang masih keras.

Pada buah jambu biji yang sudah matang, isi daging buah pada jambu biji akan berwarna merah. Ini menandakan bahwa buah jambu biji siap dikonsumsi atau diolah. Buah yang sudah matang juga ditandai dengan bau harum yang khas. Biasanya pada buah jambu yang matang baunya akan semakin tajam dan cukup menyengat.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri pohon jambu biji secara deskriptif yang dapat diidentifikasi melalui akar, batang, daun dan buahnya.