Ciri-ciri Jambu Biji yang Bagus dan Bermanfaat

Jambu biji adalah buah yang lezat dan kaya manfaat. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat buah ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Ada dua jenis jambu biji di sekitar kita, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih. Ciri-ciri jambu biji merah adalah memiliki kulit luar berwarna kuning dan bijinya merah.

Sementara itu, jambu biji putih memiliki kulit luar hijau dan ukurannya pun lebih besar. Dilihat dari segi manfaatnya, jambu merah lebih kaya manfaat dibandingkan dengan jambu biji putih. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh jambu biji merah.ciri-ciri jambu biji

Ciri-ciri Jambu Biji Merah dan Manfaatnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dari penampilan luarnya, mudah membedakan antara ciri-ciri jambu biji merah dengan jambu biji putih. Manfaat buah ini adalah sebagai berikut.

  1. Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kaya vitamin C yang akan membantu pembentukan sintesis kolagen. Kolagen adalah protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga integritas pembuluh darah, tulang, kulit dan organ tubuh yang lainnya.
  1. Kandungan serat yang tinggi pada jambu biji merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap baik. Anda yang memiliki masalah sembelit atau BAB tidak lancar bisa menggunakan buah ini sebagai obat alami.
  1. Jambu biji merah juga sangat kaya akan vitamin B kompleks sehingga efektif menjaga tubuh dari radikal bebas.
  1. Kandungan kalium dalam jambu biji merah juga dapat menstabilkan tekanan darah. Untuk itu, Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi bisa sering-sering mengonsumsi buah ini.
  1. Kandungan zat mineral tembaga juga sangat baik untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid. Perlu Anda tahu bahwa apabila kelenjar tiroid terganggu, tubuh pun dapat terkena berbagai masalah kesehatan yang serius.
  1. Buah jambu biji merah pun dapat membantu mengobati penyakit demam berdarah. Manfaat ini disebabkan jambu biji merah memiliki banyak kandungan zat besi, sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang baru.

Setelah membahas beberapa manfaat jambu merah, saatnya membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri jambu biji dari segi morfologis. Untuk bentuk batang pohonnya, jambu biji mempunyai ciri batang yang bagian bawahnya lebih besar dan semakin ke atas semakin meruncing. Bentuk cabang buah ini berkayu dan memiliki permukaan yang licin. Bagian kulit batangnya pun terlihat seperti ada yang mengelupas. Bagian yang mengelupas ini adalah bagian kulit yang mati.

Untuk ciri-ciri jambu biji, secara morfologis buah ini termasuk ke dalam buah sejati tunggal, artinya buah ini terbentuk dari satu bunga dengan satu calon buah dan memiliki banyak biji dalam satu buahnya. Jambu biji ini tersebar luas di seluruh kawasan Asia Selatan, India, Sri Langka dan juga Indonesia. Cara nikmat mengonsumsi buah ini adalah dibuat jus untuk menghancurkan bijinya yang sangat banyak. Jangan lupa untuk menyaring bijinya agar kenikmatan buah ini menjadi lebih sempurna. Selain buahnya, tanaman ini juga sering dimanfaatkan daunnya.

Lalu, di bagian daunnya, ciri-ciri jambu biji memiliki daun yang terlihat hijau dan mengkilap pada bagian sisi atas pohonnya. Permukaan daun jambu biji ini berkerut. Daun ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk diare. Kandungan yang terapat pada jambu biji diantaranya adalah minyak atsiri 0,365 persen, 6% minyak, 3.15% resin, 8.6% tannin, dan masih banyak yang lainnya.