Bagaimana cara Memilih Buah Naga yang Baik?

Salah satu cara memilih buah naga yang baik adalah memilih buah yang sudah matang seperti buah-buahan lain pada umumnya. Namun tidak banyak yang tau ciri-ciri buah naga yang sudah matang atau belum matang.

Memang kebanyakan buah naga yang sudah matang itu berwarna merah, namun tidak berarti buah naga yang sudah berwarna merah itu memiliki kualitas yang baik. Karena jika mengkonsumsi buah naga yang kualitasnya kurang baik maka manfaat yang akan dirasakan juga tidak akan maksimal.

Sebenarnya cara mengkonsumsi buah naga ada banyak ragam, seperti dibuat keripik, agar-agar, dibuat jus, sebagai pelengkap sop buah atau dimakan secara langsung. Seperti diketahui buah naga ini berasal dari negara di amerika tengah, tepatnya negara mexico. Namun seiring dengan berkembangnya buah ini dari waktu-ke waktu berdasarkan sejarahnya, buah naga telah menyebar di negara-negara asia termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, budidaya buah naga telah banyak dilakukan oleh para petani buah, karena buah ini dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki berbagai iklik seperti tropis, subtropis dan daerah-daerah yang terdapat tanah kering. Oleh karena itu tidak sulit untuk mendapatkan buah naga baik di pasar-pasar tradisional maupun di pasar modern.cara memilih buah naga

Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa buah naga memiliki banyak nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin, kalsium, protein, dan lain-lain.

Dalam memilih buah naga, setidaknya perhatikanlah tips berikut ini agar mendapatkan kualitas buah yang baik dan tentunya manfaatnya juga dapat dirasakan secara maksimal.

Cara memilih buah naga

1. Coba sentuh batang buah naga. Biasanya buah naga yang sudah matang batangnya akan terasa empuk ketika ditekan-tekan.

2. Carilah buah naga yang warnanya merata, berwarna pink cerah dan mulus. Jika dalam memilih buah naga, hindari memilih buah yang terdapat noda-noda kotor, sudah memar (genjur), dan bekas besetan pisau sebaiknya dihindari saja karena kemungkinan besar buah tersebut kesegarannya sudah berkurang.

3. Tidak lupa lihatlah daun buah naga atau kelopak buah naga secara kasat mata. Daun buah naga yang baik biasanya berwarna cerah seperti warna buahnya, tidak berwarna kecoklatan seperti bunga yang layu.

4. Untuk mengetahui buah naga sudah matang atau belum, dapat diketahui dengan menekan buah ini secara lembut. Biasanya seperti pada buah-buahan yang lain, Jika teksturnya empuk maka buah naga tersebut dipastikan sudah matang. Jika masih keras berarti buah naga tersebut belum matang.

5. Wangi aroma buah naga yang sudah matang biasanya berbau aroma tropis. Buah naga yang sudah matang akan terasa manis, dengan mengkonsumsi buah naga yang sudah matang, selain rasanya yang enak manfaat buah nya juga dapat dirasakan secara maksimal.

Demikian tips yang bisa dijadikan acuan dalam memilih buah naga yang berkualitas baik yang siap untuk dikonsumsi. Ketika sudah membeli buah naga, simpan buah ini pada suhu ruangan agar kematangannya tetap terjaga. Jika akan dikonsumsi lain waktu, disarankan untuk disimpan di dalam lemari es. Namun jangan menyimpan buah naga di dalam lemari es selama lebih dari 5 hari karena kesegarannya akan berkurang dan buah akan menjadi terlihat kering dan mengkerut jika disimpan di dalam lemari es terlalu lama.