Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Amankah untuk Penderita Kolesterol?

Apakah durian mengandung kolesterol? pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai seputar informasi yang banyak beredar di masyarakat bahwa mengkonsumsi buah durian dapat menyebabkan kolesterol. Apakah hal tersebut benar sepenuhnya? Silakan simak penyelasan berikut.

Durian adalah buah yang dikenal memiliki bau yang sangat menyengat. Meskipun begitu, penggemar buah durian di Indonesia sangat banyak, dari mulai durian lokal hingga durian montong yang memiliki rasa yang enak dengan daging buah yang lebat.

Buah durian biasanya dikonsumsi langsung atau dijadikan olahan makanan karena rasa dan baunya yang kuat, baik itu untuk olahan makanan maupun olahan minuman. Namun banyak fakta yang beredar di masyarakat bahwa buah durian dijadikan salah satu buah pantangan untuk orang-orang yang memiliki kolesterol yang tinggi.apakah durian mengandung kolesterol

Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika buah durian dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, maka buah durian tidak harus dijadikan sebagai buah yang menjadi pantangan oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Sekilas tentang kandungan nutrisi buah durian

Buah durian mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, kalori dan lain-lain. Namun perlu diketahui bahwa buah durian adalah salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi sehingga bagi anda yang sedang menjalankan diet, mengkonsumsi buah durian dengan takaran banyak adalah tidak direkomendasikan.

Jumlah karbohidrat pada durian terbilang tinggi, pada satu buah durian dapat terkandung jumlah karbohidrat sebanyak 22%. Jumlah karbohidrat ini memang kurang baik untuk yang sedang menjalankan program diet, namun dibali itu semua karbohidrat sangat baik untuk pembentukan energi dalam tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh

Buah durian memang mengandung lemak, namun sebenarnya kandungan lemak yang terdapat pada buah durian adalah lemak yang baik atau disebut juga dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh malah baik untuk tubuh. Bahkan lemak tak jenuh dapat mengurangi lemak jahat yang ada pada tubuh.

Apakah durian mengandung kolesterol?

Banyak informasi yang beredar di masyarakat bahwa buah durian adalah buah yang harus dihindari karena dapat mengakibatkan kolesterol tinggi dalam darah. Seperti kita diketahui bahwa buah durian kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti pada buah lainnya.

Buah durian memang mengandung kolesterol. Namun kolesterol yang terdapat pada buah durian adalah kolesterol baik, bukan kolesterol jahat yang beresiko penyebab penyakit pada tubuh. Dengan demikian buah durian sebenarnya aman-aman saja untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol, tentu dengan mengkonsumsi buah durian secara wajar-wajar saja.

Akan tetapi, durian adalah salah satu buah yang memiliki kalori yang tinggi. Bagi penderita penyakit diabetes, mengkonsumsi buah durian adalah hal yang tidak dianjurkan karena menurut literatur kesehatan menyebutkan bahwa di dalam 1 kilogram buah durian mengandung hingga 2000 kalori. Selain itu kandungan dula pada buah durian juga cukup tinggi.

Kandungan gula yang terdapat pada buah durian diantaranya adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. kandungan gula seperti ini biasanya dilarang oleh dokter untuk penderita diabetes karena langsung dapat menaikan kadar gula dalam tubuh.

Jadi, apakah durian mengandung kolesterol? tentu, namun kolesterol pada buah durian adalah kolesterol baik untuk tubuh karena pada dasarnya manfaat buah adalah baik untuk kesehatan. Adapun ketika seseorang secara kebetulan mungkin kambuh kolesterolnya setelah mengkonsumsi buah durian, mungkin ada faktor lain yang menyebabkannya. Demikian penjelasan mengenai “apakah durian mengandung kolesterol”.