3 Mitos seputar efek samping buah durian dan faktanya

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ternyata beredar juga informasi di masyarakat bahwa buah durian menyebabkan beberapa dampak negatif bahkan kematian sehingga menyebabkan orang enggan mengkonsumsi buah durian. Benarkah demikian?

Pesona dan rasa dari buah durian memang tiada duanya, selain rasanya yang manis juga bermanfaat buntuk kesehatan. Namun tidak bisa dipungkiri tidak semua orang suka dengan buah durian ini. Pasalnya buah durian ini memiliki bau yang tajam dan menyengat sehingga menyebabkan beberapa orang tidak menyukai buah yang satu ini.

Sebenarnya banyak sekali informasi yang sepenuhnya tidak benar di masyarakat bahwa buah durian itu adalah buah yang memiliki dampak negatif yang berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu pada kali ini akan dijelaskan beberapa mitos yang beredar dimasyarakat seputar efek samping buah durian.efek samping buah durian

Buah durian menyebabkan kolesterol tinggi

Pada orang yang normal, maksudnya tidak memiliki riwayat penyakit seperti kolesterol, mengkonsumsi buah durian adalah hal yang tidak berbahaya, malah kita bisa mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan dari kandungan buah durian tersebut. Sehingga mengkonsumsi buah durian dapat menyebabkan kolesterol tinggi itu tidaklah sepenuhnya benar. Mengapa tidak sepenuhnya benar?

Terkecuali orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, baik itu kolesterol rendah sekalipun, maka mengkonsumsi buah durian harus dikontrol bahkan untuk yang memiliki kolesterol tinggi, mengkonsumsi buah durian harus dihindari.

Khusus pada orang yang memiliki riwayat kolesterol dan asam urat, buah durian dapat menjadi pemicu dan meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Namun sebaliknya bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit kolesterol dan asam urat. Mengkonsumsi buah durian adalah hal baik untuk kesehatan dan bukan sama sekali menjadi pemicu timbulnya penyakit kolesterol atau asam urat.

Buah durian menyebabkan penyakit diabetes

Buah durian memiliki kandungan glukosa yang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam tubuh bagi penderita diabetes. Dan ini berbahaya dan harus dihindari oleh orang yang memang memiliki riwayat penyakit diabetes. Namun perlu diketahui bahwa pada orang normal, mengkonsumsi buah durian sama sekali tidak akan menyebabkan timbulnya pernyakit diabetes.

Memang penyakit diabetes adalah tingkat kadar gula dalam dara yang tinggi. Namun tidak serta merta dari mengkonsumsi buah durian. Ada banyak faktor yang menjadikan timbulnya penyakit diabetes pada seseorang seperti pola makan yang tidak sehat, dan lain-lain.

Efek samping buah durian menyebabkan kematian janin

Ada informasi yang beredar di sebagia masyarakat bahwa ketika wanita sedang hamil mengkonsumsi buah durian dapat beresiko keguguran janin bahkan kematian janin itu sendiri. Benarkah demikian?

Tidak ada riset dan literatur kesehatan yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah durian pada wanita hamil dapat menyebabkan janinnya meninggal sehingga hal itu tidaklah benar dan mitos belaka.

Sebagian dari masyarakat mempercayai bahwa didalam durian itu mengandung kadar alkohol tertentu dan menimbulkan efek panas pada perut. Namun perlu dikatahui bahwa buah durian dengan tingkat kematangan tertentu sedikit mengandung zat seperti fermentasi seperti halnya pada tape. Namun kadar tersebut sangatlah kecil. Sangat berbeda dengan kadar alkohol yang beredar selama ini.

Sehingga bisa dipastikan wanita hamil sangat boleh mengkonsumsi buah durian namun sewajarnya saja. Karena mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selain itu wanita hamil harus banyak mengkonsumsi sumber-sumber makanan bergizi lainnya seperti makanan yang mengandung asam folat, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai mitos seputar efek samping buah durian.