Inilah 3 Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan Anda

Selama ini tanaman sukun hanya dimanfaatkan buahnya saja. Buah sukun dapat diolah menjadi panganan dengan rasa yang gurih dan tekstur yang lembut mirip roti. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi terutama karena kandungan karbohidratnya yang tinggi namun kalori rendah, tetapi juga daunnya yang bisa digunakan sebagai tanaman obat herbal. Daun sukun yang di Indonesia lebih banyak digunakan sebagai pakan ternak ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun sukun adalah kalium di mana kalium ini merupakan senyawa yang bisa membantu menguraikan batu ginjal dan bisa dikeluarkan melalui urin sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita batu ginjal. Selain kalium, daun sukun juga mengandung senyawa berikut ini:

  1. Asam amino esensial
  2. Riboflavin (vitamin B2)
  3. Hidrosianat
  4. Asteilcolin
  5. Tannin
  6. Polifenol

khasiat daun sukun untuk kesehatanSebelumnya khasiat daun sukun memang sudah digunakan sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai penyakit ringan seperti sariawan, pegal-pegal, dan mengobati panu. Untuk sariawan biasanya daun sukun yang sudah dibersihkan kemudian dihancurkan sampai lembut kemudian ditempelkan ke sariawan agar area sariawan bersih dari kuman dan cepat kempes. Sedangkan untuk pegal-pegal, biasanya daun sukun dijadikan bahan rendaman kaki di mana pada kaki terdapat banyak titik refleksi yang berpengaruh terhadap semua bagian tubuh pada manusia. Selain untuk mengobati penyakit ringan, daun sukun juga bisa dijadikan bahan untuk mengatasi penyakit berat sebagai berikut.

Mengatasi penyakit jantung

Penyakit jantung yang umumnya disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar jika tidak segera diatasi maka bisa bertambah parah dan semakin merusak fungsi jantung sebagai pemompa darah. Cara memanfaatkan khasiat daun sukun untuk kesehatan dalam mengatasi sakit jantung adalah sebagai berikut:

  1. Ambil beberapa helai daun sukun yang sudah tua dan masih menempel di pohon
  2. Cuci daun sukun dengan air bersih mengalir
  3. Jemur daun di bawah sinar matahari hingga kandungan air hanya setengah
  4. Rebus daun sukun yang sudah kering dengan air sebanyak 5 gelas

Sebagai obat antikanker

Daun sukun dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh agar sel kanker tidak sempat berkembang biak dan menjadi tumor yang membahayakan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Satu lembar daun sukun yang sudah tua dicuci bersih
  2. Rebus dengan air sebanyak 5 gelas hingga mendidih
  3. Tambahkan kembali dengan air sebanyak 5 gelas
  4. Setelah mendidih, tambahkan kembali air 5 gelas
  5. Saring minuman daun sukun lalu minum sampai habis.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang tinggi menyebabkan Anda akan sulit untuk makan makanan berupa daging dan seafood. Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi termasuk penyakit jantung. Khasiat daun sukun akan menurunkan kolesterol tinggi dengan ramuan tertentu yang dibuat dengan cara menyeduh segenggam daun sukun dan bangle yang sudah dikeringkan seperti sedang menyeduh teh. Minuma ramuan secara teratur agar kadar kolesterol bisa terkontrol.

Selain penyakit di atas, khasiat daun sukun untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Caranya kurang lebih sama yaitu dengan menyeduh daun sukun yang sudah dikeringkan layaknya menyeduh teh. Jika Anda tidak suka dengan rasa pahitnya, bisa dikurangi dengan menambahkan pemanis madu atau gula batu, asalkan jangan gula pasir karena gula pasir mengandung kalori yang lebih banyak.